Anda mungkin tahu bahwa menjadi penderita diabetes berarti Anda harus benar-benar menjaga makanan yang Anda konsumsi berikut pola makannya. Konsumsi gula yang dibatasi, berhati-hati dengan pilihan karbohidrat, termasuk pola dengan pilihan buahnya.

Ada yang bilang bahwa penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi nasi putih yang didiamkan semalaman. Sebab kadar gula dalam nasi tersebut akan menurun sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Benarkah demikian?

Well, sebuah penelitian yang dilakukan di Nigeria dan Malaysia menunjukkan bahwa mendiamkan nasi selama semalaman tidak aman menyebabkan proses apapun yang terjadi pada nasi tersebut. Sementara penelitian yang menyebutkan bahwa nasi yang disimpan dalam suhu dingin memiliki pati resisten yang lebih banyak dibandingkan dengan nasi yang baru dimasak, sehingga menurunkan nilai glikemiks indeksnya.

"Walaupun begitu hal ini tidak menunjukkan bahwa mengonsumsi nasi kemarin tidak akan menurunkan kadar gula darah darah meskipun dibandingkan dengan mengonsumsi nasi yan baru dimasak," tulis penelitian ini. "Daripada Anda menunggu nasi diinapkan dahulu, lebih baik konsumsi sumber karbohidrat lainnya yang lebih rendah kadar gulanya seperti nasi merah atau gandum."
sumber : merdeka.com
Baca Juga

Related Posts